Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Sekolah Impian

ASSALAMUALAIKUM
Hai disini saya akan menceritakan sekolah impian saya. Sekolah impian saya adalah sekolah yang memiliki pendidik yang profesional dan bersertifikasi, saya juga menginginkan pendidik yang sudah mendapatkan gelar master (S2) atau paling tidak yang sudah berpengalaman dalam mengajar, sekolah yang dapat memaksimalkan bakat dan potensi peserta didiknya, sekolah yang mampu menanamkan karakter dan budi pekerti untuk peserta didik, sekolah yang mampu berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
Sistem pengajaran atau pembelajaran tidak hanya fokus ke satu arah atau hanya pendidik yang banyak bicara, tetapi sistem yang digunakan adalah pendidik dan peserta didik berperan aktif. Tidak hanya kerja/tugas individual tetapi kerja/tugas kelompok dan debat/praktek juga diberlakukan, agar peserta didik dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain. Proses pembelajaran pun tidak hanya di dalam kelas, pengajaran atau pembelajaran di luar kelas juga dapat digunakan, agar peserta didik dapat langsung terjun ke lapangan dan dapat merasakan realitanya dalam kehidupan sehari-hari. Pengajaran/cara mengajar seorang pendidik haruslah semangat, dapat membuat kondisi kelas menyenangkan dan mengasyikan, penyampaian materi yang tidak monoton, menguasai materi yang akan diajarkan, berwawasaan luas, gaya bahasa/nada bicara yang tegas dan bijaksana tetapi tidak menakutkan/menegangkan, tetap bersikap baik dan santun, adanya lelucon atau hiburan ketika peserta didik mulai jenuh dengan pelajaran.
Kurikulum yang digunakan tidak terlalu banyak dan tetap mengikuti kurikulum yang berlaku/ditetapkan dari pemerintah. Di adakannya sesi pertanyaan di awal pembelajaran atau setelah pembukaan salam. Adanya agenda penandatanganan pendidik dan orang tua peserta didik di setiap selesainya penugasan (sudah mendapat nilai), jika si peserta didik dapat menyelesaikan tugas dengan waktu yang ditentukan dan dapat melaksanakan agendanya dengan baik, maka si peserta didik tersebut akan mendapatkan hadiah/pujian, tetapi jika si peserta didik tidak dapat menyelesaikan tugas dengan waktu yang ditentukan dan tidak dapat melaksanakan agendanya dengan baik, maka si peserta didik akan mendapatkan sanksi yang sudah disepakati sebelumnya.
Sekolah yang memiliki ruang kelas yang cukup, meja kursi yang nyaman, fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap (ac, speaker, proyektor, laptop/komputer tiap kelas, lemari untuk menyimpan buku dan tas, perlengkapan pembelajaran (alat olahraga), mushollah/masjid, laboratorium (akses internet), perpustakaan, lapangan yang luas, kantin, ruang aula atau ruang kesenian, UKS, ruang organisasi/ruang pertemuan/ruang rapat) adapun taman disekitar sekolah dan juga bangku-bangku taman untuk beristirahat dan mengobrol serta memiliki banyak pohon agar terlihat asri, menyejukkan dan nyaman, lingkungan yang bersih dan ramah lingkungan.
Setiap hari akan ada arahan/bimbingan untuk pendidik. Setiap bulan diadakan evaluasi pendidik dalam kegiatan di sekolah, baik sarana prasarana maupun proses pembelajaran, dimana dalam evaluasi tersebut akan ada perubahan/perbaikan dari yang sebelumnya. Setiap 3 bulan sekali diadakannya pertemuan bersama orang tua peserta didik, ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana orang tua peserta didik mengetahui perkembangan anaknya. Setiap 6 bulan sekali/setahun sekali diadakan evaluasi pendidik antar sekolah yang ada di wilayah setempat, atau diadakannya diklat/seminar.
Kegiatan peserta didik/pendidik dalam mengekspresikan bakat dan minatnya (PENSI) akan diadakan setiap 6 bulan/setahun sekali, dalam hal ini seluruh peserta didik/pendidik diwajibkan untuk ikutserta meramaikan acara dan akan dibuka untuk umum (penonton) serta yang mengisi acaranya yaitu seluruh peserta didik/pendidik di sekolah tersebut, tidak ada yang dari luar/orang lain. 
TERIMAKASIH
WASALAMUALAIKUM

NAMA : RIYANTI MUZDALIFAH (2016820154) 
KELAS : DSD - SEMESTER 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Rancangan usaha dengan POAC

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Analisis K1-K4 (Kompetensi)

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Buku Ketiga

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Buku Kedua

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Analisis Buku Nobrert Bab 10

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Kurikulum Kehidupan

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Perbandingan Kurikulum Kanada dan Indonesia

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2017

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Budgeting "Ayam Sate Krispi"