Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Buku Kedua
Istilah ADDIE merupakan singkatan dari Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. ADDIE
telah banyak diterapkan dalam lingkungan belajar yang telah dirancang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan landasan filosofi
pendidikan penerapan ADDIE harus bersifat student center, inovatif,
otentik dan inspriratif. Konsep pengembangannya sudah diterapkan sejak
terbentuknya komunitas sosial. Pembuatan sebuah produk pembelajaran
dengan menggunakan ADDIE merupakan sebuah kegiatan yang menggunakan
perangkat yang efektif. ADDIE yang membantu menyelesaikan permasalah
pembelajaran yang komplek dan juga mengembagkan produk-produk pendidikan
dan pembelajaran. Buku ini dibahas untuk memperkenalkan
pendekatan ADDIE sebagai landasan proses dalam membuat sumber-sumber
belajar secara efektif.
1. Analyze (Analisis)
Kosep menarik dari tahap ini adalah bagaimana seorang perancang
instruksional melakukan analisis kinerja untuk mengetahui dan
mengklarifikasi apakah masalah kinerja yang dihadapi memerlukan solusi
berupa penyelenggaraan program pembelajaran atau perbaikan manajemen,
apakah masalah tersebut adalah benar-benar masalah dan membutuhkan upaya
untuk penyelesaian. Disamping itu kemampuan menganalisis kebutuhan,
juga merupakan langkah yang sangat penting untuk menentukan
kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh pembelajar
untuk meningkatkan kinerja atau prestasi belajar.
2. Design
Langkah penting yang dilakukan dalam tahap desain adalah bagaimana
seorang perancang instruksional mampu menetapkan pengalaman belajar atau
learning experience seperti apa yang perlu dimiliki oleh pembelajar
selama mengikuti aktivitas pembelajaran. Hal tersebut berkaitan juga
dengan akltifitas mendesain, daftar tugas, Perangkat pembelajaran, dan
penyusunan strategi tes, dan rancangan investasi program.
3. Develop (Pengembangan)
Konsep penting dalam tahap ini adalah bahwa seorang perancang
instruksional harus memiliki kemampuan mencakup kegiatan memilih dan
menentukan metode, media, serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk
digunakan dalam menyampaikan materi atau substansi program pembelajaran.
4. Implement (Implementasi)
Konsep penting pada tahap implementasi, adalah bagaimana perancang
instruksional mampu memilih metode pembelajaran seperti apa yang yang
paling efektif dalam menyampaikan bahan atau materi pembelajaran.
Bagaimana upaya menarik dan memelihara minat pembelajar agar mampu
memusatkan perhatian pada penyampaian materi.
5. Evaluate (Evaluasi)
Konsep penting dari tahapan evaluasi model ADDIE adalah bagaimana
seorang perancang instruksional mampu melakukan evaluasi keseluruhan
model, dari tahap awal sampai akhir. Langkah-langkah yang penting dalam
evaluasi model ADDIE adalah bagaimana menentukan kriteria evaluasi,
memilih alat untuk evaluasi, dan mengadakan evaluasi itu sendiri.
Kegiatan evaluasi setidaknya mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut:
bagaimana sikap pembelajar terhadap kegiatan pembelajaran secara
keseluruhan, bagaimana peningkatan kompetensi dalam diri pembelajar yang
merupakan dampak dari keikutsertaan dalam program pembelajaran, dan
keuntungan apa yang dirasakan oleh sekolah akibat adanya peningkatan
kompetensi pembelajar setelah mengikuti program pembelajaran.
NAMA : RIYANTI MUZDALIFAH
KELAS : DSD - SEMESTER 4
KELAS : DSD - SEMESTER 4
Komentar
Posting Komentar