Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Analisis K1-K4 (Kompetensi)
Kompetensi pada Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 dalam rekonstruksi kompetensi mencakup : sikap, pengetahuan,
dan keterampilan.
a. Kompetensi sikap mencakup
sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2).
·
Sikap spiritual (KI-1) untuk mencapai insan yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Sikap sosial (KI-2) untuk mencapai insan yang berakhlak mulia, sehat,
mandiri, demokratis, bertanggung jawab.
b. Kompetensi pengetahuan
(KI-3) untuk mencapai insan yang berilmu.
c. Kompetensi keterampilan
(KI-4) untuk mencaai insan yang cakap dan kreatif.
Selanjutnya Kurikulum 2013
mengusung adanya keseimbangan antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan untuk
membangun soft skills dan hard skills seperti terlihat pada gambar di bawah
ini.
Berdasarkan gambar di
atas, elemen perubahan jenjang SD, SMP, SMA, SMK dalam kompetensi lulusan
adalah adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang
meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Elemen
perubahan kedudukan mata pelajaran (ISI), adalah kompetensi yang semula
diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari
kompetensi. Elemen pendekatan (ISI) kompetensi yang dikembangkan di SD adalah
tematik terpadu dalam semua mata pelejaran dengan pendekatan saintific, di SMP
tematik terpadu pada IPA dan IPS, dan mapel, di SMA mapel, di SMK vokasional.
Selanjutnya elemen perubahan pada proses pembelajaran dapat dilihat pada gambar
di bawah ini. Adanya keseimbangan soft skills dan hard skills tersebut dapat
terlihat pada gambar di bawah ini.
Gambar
Keseimbangan antara Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan untuk Membangun Soft
Skills dan Hard Skills
|
Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adanya keseimbangan antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan untuk membangun soft skills dan hard skills peserta didik dari mulai jenjang SD, SMP, SMA/ SMK, dan PT seperti yang diungkapkan Marzano (1985) dan Bruner (1960). Pada jenjang SD ranah attitude harus lebih banyak atau lebih dominan dikenalkan, diajarkan dan atau dicontohkan pada anak, kemudian diikuti ranah skill, dan ranah knowledge lebih sedikit diajarkan pada anak. Hal ini berbanding terbalik dengan membangun soft skills dan hard skills pada jenjang PT. Di PT ranah knowledge lebih dominan diajarkan dibandingkan ranah skills dan attitude.
Berdasarkan gambar di
atas, terdapat perluasan dan pendalaman taksonomi dalam proses pencapaian
kompetensi. Dalam kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan PT memadukan
lintasan taksonomi sikap (attitude) dari Krathwohl, keterampilan (skill) dari
Dyers, dan Pengetahuan (knowledge) dari Bloom dengan revisi oleh Anderson.
Taksonomi sikap (attitude) dari Krathwohl meliputi: accepting, responding,
valuing, organizing/internalizing, dan characterizing/actualizing. Taksonomi
keterampilan (skill) dari Dyers meliputi: observing, questioning,
experimenting, associating, dan communicating. Taksonomi pengetahuan (knowledge)
dari Bloom,revisi Anderson meliputi: knowing/ remembering, understanding,
appllying, analyzing, evaluating, dan creating.
Analisis : Dalam kurikulum 2013 kompetensi yang dicapai yaitu sikap, pengetahuan dan
keterampilan. Dimana di dalam sikap atau ranah afektif terdapat 2, yaitu sikap
spiritual (keagamaan) dan sikap sosial (empati, simpati, komunikatif). Dalam
KI-3 yaitu pengetahuan (kognitif) yang dimana si peserta didik dituju untuk
memperoleh ilmu pengetahuan. Dan KI-4 yaitu keterampilan (psikomotorik) yaitu
si peserta didik dibimbing untuk mengembangkan potensi atau keterampilan yang
ada pada dirinya. Dari 4 kompetensi yang harus dicapai, semua berkesinambungan.
Tetapi dalam tingkat SD, ranah afektif harus lebih dominan yang diajarkan kepada
siswa karena ini untuk mendidik siswa agar memiliki sikap spiritual dan sosial
yang bagus, bukan tetapi ranah kognitif dan psikomotoriknya tidak diajarkan,
ini tetap diajarkan hanya saja lebih sedikit presentasenya dibanding ranah
afektif.
NAMA : RIYANTI MUZDALIFAH
KELAS : DSD -SEMESTER 4



Komentar
Posting Komentar