Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Rancangan usaha dengan POAC

Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Inovasi baru dalam bidang kuliner membuat saya ingin melakukannya. Saya berinovasi mengembangkan bahan baku utama ayam, dikarenakan saya sangat menyukai ayam. Ayam yang saya kelola hanya dalam bentuk sate, terlalu biasa memang. Tetapi inovasi yang saya buat disini yaitu krispi-nya, saya membuat ayam sate krispi atau yang disebut Astekpi adalah bahan olahan ayam yang dibentuk dengan tusukan sate seperti sate ayam pada umumnya, hanya saja ini tidak dibakar. Astekpi ini diolahnya dengan direbus lalu digoreng, makanan ini tidak hanya untuk menjadi cemilan atau jajanan, tetapi bisa juga menjadi lauk untuk makan nasi. Makanan ini bisa dikonsumsi untuk semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak dan saya menjamin kehigenisannya makanan ini.
Akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru memikirkan harga. Maka dari itu saya membuat astekpi ini sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
VISI DAN MISI
VISI :
Menjadikan perusahaan kuliner dengan mementingkan nilai gizi dan inovasi baru dalam mengembangkannya serta memberikan pelayanan yang baik ke para konsumen
MISI :
·         Menciptakan makanan yang bergizi dan berhigenis
·         Memberikan harga yang terjangkau ke para konsumen
·         Menciptakan inovasi baru dalam bidang kuliner

Rancangan POAC untuk Astekpi itu sendiri adalah :
·         P : Planning (Perencanaan) = Pelaksanaan/perencanaan yang akan saya lakukan untuk mencapai dan melakukan strategi agar makanan astekpi ini laku dipasaran adalah saya memberikan pelayanan yang baik ke konsumen dari segi rasa, pelayan dan harga. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. Dalam hal ini, saya berencana menjual makanan yang mengenyangkan dengan bahan baku utama yang berasal dari ayam dan diolah dengan bentuk sate, saya menamakan usaha ini dengan nama Astekpi atau Ayam Sate Krispi. Disini saya memproduksi makanan dengan mengutamakan kehigenisan. Saya tidak akan menggunakan bahan pengawet dalam setiap produksi makanan saya.
§  Planning Organisasi/Perusahaan
Data Perusahaan
Nama Perusahaah : PT Success
Bidang Usaha : Manufaktur Makanan
Jenis Produk  :  Astekpi (Ayam Sate Krispi)
Alamat Perusahaan : Jalan sukses No.21 Mencong-Tangerang
Nomor Telepon : 081319528844
Alasan Pemilihan Bisnis Ayam Sate Krispi
Mayoritas penjualan ayam dipasaran sangatlah banyak, bahkan banyak juga yang sudah dikelola dengan makanan siap saji. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis pembuatan Ayam Sate Krispi masih sangat memungkinkan tanpa merusak keseimbangan pasar yang sudah ada.
§  Analisis Kekuatan, Kelemahan , Peluang dan Ancaman
Kekuatan :
o   Harga Terjangkau
o   Kualitas terjamin
Kelemahan :
o   Manajemen tradisional
o   Sarana dan prasarana sederhana
o   Sumberdaya manusia yang  masih rendah
Peluang :
o   Mangsa pasar yang masih luas
o   Bahan baku yang mudah di dapat
Ancaman :
o   Munculnya variasi makanan jajanan
o   Munculnya pesaing baru
o   Selera konsumen variatif
·         O : Organizing = Pengorganisasian ini saya buat terstruktur tetapi untuk awal saya akan mengelolanya sendiri. Pengorganisasian (organizing) merupakan proses penyusunan anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan sumber daya yang dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya baik intern maupun ekstern. Dua aspek utama dalam organisasi yaitu departementasi dan pembagian kerja yang merupakan dasar proses pengorganisasian.
·         A : Actuating = Pelaksanaan dalam usaha astekpi ini adalah dimana saya sebagai owner akan terus mengelola dan melaksanakan rencana awal yang sudah saya buat sebaik mungkin. Dan menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif. Dan saya sendiri yang akan memimpin dan berkomunikasi kepada orang-orang yang mau bekerja dengan saya.
·         C : Controlling = Pengendalian (kontrol) adalah salah satu fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staff, dan mengarahkan. Mengendalikan merupakan fungsi penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan korektif sehingga meminimalkan penyimpangan dari standar dan mengatakan bahwa tujuan organisasi telah tercapai dengan cara yang baik. Pengendalian atau antisipasi yang akan saya lakukan adalah ketika konsumen mulai bosan dengan jajanan ini, saya akan memberikan sesuatu yang berbeda atau saya akan mencobanya dengan menurunkan harga (diskon), dengan demikian saya akan menarik konsumen kembali untuk membelinya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Analisis K1-K4 (Kompetensi)

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Buku Ketiga

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Buku Kedua

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Analisis Buku Nobrert Bab 10

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Kurikulum Kehidupan

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Sekolah Impian

Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Perbandingan Kurikulum Kanada dan Indonesia

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2017

Dr. DirgantaraWicaksono, M.Pd : Budgeting "Ayam Sate Krispi"