Dr. Dirgantarawicaksono, M.Pd : Rancangan usaha dengan POAC
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai
macam kuliner. Inovasi baru dalam bidang kuliner membuat saya ingin
melakukannya. Saya berinovasi mengembangkan bahan
baku utama ayam,
dikarenakan saya sangat menyukai ayam. Ayam yang saya kelola hanya dalam bentuk
sate, terlalu biasa memang. Tetapi inovasi yang saya buat disini yaitu
krispi-nya, saya membuat ayam sate krispi atau yang disebut Astekpi adalah
bahan olahan ayam yang dibentuk dengan tusukan sate seperti sate ayam pada
umumnya, hanya saja ini tidak dibakar. Astekpi ini diolahnya dengan direbus
lalu digoreng, makanan ini tidak hanya untuk menjadi cemilan atau jajanan,
tetapi bisa juga menjadi lauk untuk makan nasi. Makanan ini bisa dikonsumsi
untuk semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak dan saya menjamin
kehigenisannya makanan ini.
Akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita
dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan
tersebut, baru memikirkan harga. Maka dari itu saya membuat astekpi ini sebagai
salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual
dengan harga yang cukup terjangkau.
VISI DAN MISI
VISI :
Menjadikan perusahaan kuliner dengan
mementingkan nilai gizi dan inovasi baru dalam mengembangkannya serta memberikan pelayanan yang baik ke para konsumen
MISI :
·
Menciptakan makanan yang bergizi dan
berhigenis
·
Memberikan harga yang terjangkau ke para konsumen
·
Menciptakan inovasi baru dalam bidang kuliner
Rancangan POAC
untuk Astekpi itu sendiri adalah :
·
P :
Planning (Perencanaan) =
Pelaksanaan/perencanaan yang akan saya lakukan untuk mencapai dan melakukan
strategi agar makanan astekpi ini laku dipasaran adalah saya memberikan
pelayanan yang baik ke konsumen dari segi rasa, pelayan dan harga. Perencanaan
merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa
perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. Dalam hal ini, saya
berencana menjual makanan yang mengenyangkan dengan bahan baku utama yang
berasal dari ayam dan diolah dengan bentuk sate, saya menamakan usaha ini
dengan nama Astekpi atau Ayam Sate Krispi. Disini saya memproduksi makanan
dengan mengutamakan kehigenisan. Saya tidak akan menggunakan bahan pengawet
dalam setiap produksi makanan saya.
§ Planning Organisasi/Perusahaan
Data Perusahaan
Nama Perusahaah
: PT Success
Bidang Usaha :
Manufaktur Makanan
Jenis
Produk : Astekpi (Ayam Sate Krispi)
Alamat
Perusahaan : Jalan sukses No.21 Mencong-Tangerang
Nomor Telepon :
081319528844
Alasan
Pemilihan Bisnis Ayam Sate Krispi
Mayoritas
penjualan ayam dipasaran sangatlah banyak, bahkan banyak juga yang sudah
dikelola dengan makanan siap saji. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
bisnis pembuatan Ayam Sate Krispi masih sangat memungkinkan tanpa merusak
keseimbangan pasar yang sudah ada.
§ Analisis Kekuatan, Kelemahan , Peluang dan Ancaman
Kekuatan :
o
Harga
Terjangkau
o
Kualitas
terjamin
Kelemahan :
o
Manajemen
tradisional
o
Sarana
dan prasarana sederhana
o
Sumberdaya
manusia yang masih rendah
Peluang :
o
Mangsa
pasar yang masih luas
o
Bahan
baku yang mudah di dapat
Ancaman :
o
Munculnya
variasi makanan jajanan
o
Munculnya
pesaing baru
o
Selera
konsumen variatif
·
O :
Organizing = Pengorganisasian ini saya
buat terstruktur tetapi untuk awal saya akan mengelolanya sendiri.
Pengorganisasian (organizing) merupakan proses penyusunan anggota dalam bentuk
struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan sumber daya yang
dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya baik intern maupun ekstern. Dua
aspek utama dalam organisasi yaitu departementasi dan pembagian kerja yang
merupakan dasar proses pengorganisasian.
·
A :
Actuating = Pelaksanaan dalam usaha
astekpi ini adalah dimana saya sebagai owner akan terus mengelola dan
melaksanakan rencana awal yang sudah saya buat sebaik mungkin. Dan menggerakkan
orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secara
bersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif. Dan saya sendiri
yang akan memimpin dan berkomunikasi kepada orang-orang yang mau bekerja dengan
saya.
·
C :
Controlling =
Pengendalian (kontrol) adalah salah satu fungsi manajerial seperti perencanaan,
pengorganisasian, pengaturan staff, dan mengarahkan. Mengendalikan merupakan
fungsi penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan
korektif sehingga meminimalkan penyimpangan dari standar dan mengatakan bahwa
tujuan organisasi telah tercapai dengan cara yang baik. Pengendalian atau
antisipasi yang akan saya lakukan adalah ketika konsumen mulai bosan dengan
jajanan ini, saya akan memberikan sesuatu yang berbeda atau saya akan
mencobanya dengan menurunkan harga (diskon), dengan demikian saya akan menarik
konsumen kembali untuk membelinya.
Komentar
Posting Komentar